28 Juni 2009

Final Copa Indonesia 2008/2009


Diawal, Pembukaan Grand Final Copa Indonesia antara Sriwijaya FC dan Persipura di Stadion Sriwijaya Palembang yang disiarkan langsung oleh Stasiun TV One, berlangsung sangat meriah.

Akan tetapi, Pertandingan tersebut harus terhenti pada menit ke 60 dengan skor 1-0. hal ini disebabkan protes keras yang dilancarkan oleh pemain Persipura terhadap wasit (Purwanto), yang dianggap tidak profesional dalam mengambila keputusan. Persipura menganggap terjadi dua kesalahan yang dilakukan pemain Sriwijaya dalam kotak pinalti Feri Ratinsulu terhadap Ian Kabes. hal tersebut adalah Ferry yang mengambil bola dengan menghempaskan seluruh tubuhnya dan membuat jatuh pemain persipura, bola liar kemudian ditendang pemain persipura namun mengenai tangan Tsimi (beck sriwijaya)


Namun wasit tak melihat ini sebagai pelanggaran, langsung saja pemain persipura melakukan protes keras dan hampir terjadi adu jotos... setelah selang beberapa menit kemudian pemain dan official Persipura meninggalkan Lapangan Hijau menuju ruang ganti karna protes tersebut.. dan diikuti suporter persipura.

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid turun kelapangan untuk dan berbicara kepada wasit, Nurdin mengatakan kepada Purwanto untuk segera menerapkan aturan yang berlaku bila menghadapi situasi seperti ini, yaitu dalam 15 menit pemain persipura tidak kembali kelapangan maka Pemenang diberikan kepada Sriwijaya FC,

Pihak Official Copa Indonesia segera berdiskusi dengan Pihak Persipura, untuk segera melanjutkan pertandingan, akan tetapi walau pemain persipura mau bertanding kembali namun Manager Persipura (walikota jayapura) tetap tak mau melanjutkan pertandingan

Dan setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya Wasit Purwanto meniup peluit panjang. Sontak hal ini mengejutkan Penonton dan pemain Sriwijaya yang meloncat kegirangan. karna saat pertandingan skor memang sudah 1 - 0 untuk sriwijaya yang dicetak Richad Onaro Obiora.

Setelah kejadian ini, Nurdin Halid menegaskan akan mengenakan sanksi kepada Persipura dan Wasit purwanto sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar