03 Agustus 2009

Ada yang aneh di BLOG Nurdin M Top


Masih ingat dengan kehebohan blog pernyataan Noordin M Top mengenai bom Marriot dan Ritz Carlton beberapa hari lalu? Nah, beberapa hari yang lalu pihak berwajib memberikan tantangan kepada para hacker lokal untuk mengungkap siapa sosok dibalik pemilik blog mediaislam-bushro.blogspot.com dan bushro2.blogspot.com. tersebut.

Namun, hacker sejenius apapun sepertinya akan sangat kesulitan dan hampir mustahil mengungkap siapa yang membuat blog tersebut, kenapa? Meskipun si hacker mendapat persetujuan dari blogger.com untuk membedah database account pembuat blog tersebut, namun hal tersebut tidak akan banyak membantu.

Kenapa?

Biasanya jika kita mendaftar di blogspot kita bisa mendaftar dengan modal email dari gmail yang bisa kita daftar dengan sangat mudah, bahkan dengan identitas palsu sekalipun. Kemudian informasi lain di blogspot juga bisa kita kibuli.

Salah seorang hacker lokal yang pernah terkenal dengan aksinya membobol situs KPU pada pemilu 2004 malah mengatakan, "hacker juga ngeri dengan tantangan itu. Bila kita masuk ke server mereka (penyedia blog -red) kita malah bisa disangka teroris, dan terancam hukum cybercrime di negara mereka. Sebab, ini kasus teror, bukan kasus main-main," ujar Dani Firmansyah alias Xnuxer.

Dani menambahkan, Google juga terikat kontrak dengan pelanggan untuk melindungi pelanggan mereka. Jalan terbaik yang harus ditempuh pemerintah, Dani menjelaskan, adalah meminta kepada pengelola blog yang berada di Amerika Serikat, untuk mengungkap jati diri atau nomor Internet Protocol (IP Address) pemilik blog teror tersebut.

Namun, untuk masalah IP sepertinya si pembuat blog juga bisa menyembunyikan dengan anonymouse. Meskipun jika tidak disembunyikan pun tetap juga susah melacak. Sebab jika niatnya memang untuk meneror, pasti orang tersebut akan menggunakan komputer warnet atau komputer sharing. Akan sangat susah.

Dari Gambar

Kali ini kita coba lihat dari gambar, dalam berita mengenai blog Al Qo'idah tersebut dari Detikcom, Detikcom menayangkan gambar yang jika diperhatikan dengan seksama akan aneh, apalagi jika anda pernah membuat blog di blogspot dan sudah familiar.

Gambar yang ditanyangkan di detik tersebut tidak diambil dengan cara biasa melalui tombol Print Screen, namun kelihatannya image tersebut diambil dengan cara di potret dari PC atau Laptop, terlihat dari gambar yang agak blur.


Apakah anehnya?

pada bagian kanan, perhatikan tanda ikon obeng dan kunci yang menyala. Tanda seperti ini hanya muncul jika si pemilik blog sedang Log In, cobalah anda log-in (bagi pemilik blog di blogspot) . Nah, artinya orang yang mengambil foto tersebut kemungkinan besar adalah si pemilik blog tersebut (bushro). Sebab, dalam mode editing hanya pemilik blog bersangkutan yang bisa menampilkan ikon editing tersebut.

Jadi? Postingan ini bukan untuk menuduh siapapun atau pihak manapun, Wallahua'lam

Sepertinya perbincangan blog teror ini akan semakin menguap dan hilang, digantikan oleh berita hilangnya pesawat merpati dan lagi-lagi hilangnya salah satu mahasiswa di gunung Semeru akhir-akhir ini. Sepertinya negeri ini tak pernah reda dirundung musibah.

[bersumber dari email beberapa pembaca ke redaksi MuslimDaily dan perbincangan redaksi dengan para bloger dan forum dunia maya]

1 komentar: