29 Mei 2009

Tips Menghemat Baterai Laptop

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pemilik laptop (notebook) adalah masalah baterai yang cepat habis. Seiring berjalannya waktu, cell-cell baterai pasti akan mengalami penurunan fungsinya. Itu sebabnya jika anda membeli laptop second hand (bekas), hal utama yang harus diperiksa adalah daya tahan baterai. Coba diperiksa mampu bertahan sampai berapa menit laptop tersebut. Kalau baru 15 menit saja sudah mati, sebaiknya anda memilih laptop yang lain.

Jika anda baru membeli laptop, maka tips-tips berikut bisa digunakan untuk memperpanjang umur baterai laptop kesayangan anda:

  1. Jangan menggunakan tingkat kecerahan (brigthness) yang terlalu terang. LCD pada laptop membutuhkan daya yang cukup besar untuk menampilkan gambar. Jadi sebaiknya anda menurunkan tingkat brightness layar ke level yang agak rendah.


  2. Matikan Wi-Fi jika tidak diperlukan. Jika laptop anda tidak memiliki fungsi untuk mematikan Wi-Fi, anda bisa gunakan Control Panel Windows di bagian Network Connection untuk mematikan fitur tersebut.
    Matikan device yang tidak diperlukan, seperti USB flashdisc atau webcam. Jangan biarkan flashdisc terus tertancap jika sedang tidak dipakai. Demikian juga dengan webcam, non-aktifkan jika tidak sedang digunakan.
  3. Keluarkan CD/DVD dari tempatnya jika sudah tidak dipakai. Putaran yang dihasilkan dari CD-ROM/DVD-ROM memerlukan konsumsi baterai yang cukup besar.
  4. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan, karena menurut hemat saya ikut andil dalam menghabiskan daya baterai.
  5. Cash baterai seperlunya, kalo sudah full cepet-cepet di unplug/dicabut.
  6. Beli baterai yang lebih tahan lama. Laptop umumnya menggunakan baterai dengan 6 cell. Tapi sekarang ini sudah banyak vendor yang mengeluarkan baterai dengan 8 cell atau bahkan 12 cell, yang tentunya akan melipat-gandakan lama pemakaian laptop anda. Jadi tidak ada salahnya anda invest baterai jenis ini, sekaligus bisa dipakai sebagai cadangan.
  7. Baterai yang udah soak/rusak masih bisa kamu manfaatin, caranya : kamu masukin dalam aluminium foil (kertas almunium) lalu dibungkus koran diamkan selama satu harui. Dan segera bawa ke toko besi / las : kiloin aja deh.... gitu aja kok repot

1 komentar: