29 Mei 2009

MEMBUAT BLOG SENDIRI

Oke langsung saja kita cari tahu cara buat blog di blogger atau blogspot. :

Pertama ketikkan di browser anda http://blogger.com . maka akan muncul tampilan antar muka seperti gambar berikut :

Langsung aja masukkan email dan passwordmu, dengan catatan kamu sudah terdaftar di blogger.com atau sudah mempunyai google account misalnya email di gmail.com. Jika belum punya, silahkan klik pada “ciptakan blog anda” dan ikuti perintah-perintah selanjutnya.

Disini saya asumsikan bahwa anda telah mempunyai sebuah account blogger, maka setelah anda isi form seperti pada gambar diatas klik “masuk”, dan akan muncul tampilan seperti berikut :
dalam tampilan di atas, tidak ada blog sama sekali yang menjadi milik anda, lalu klik pada “create a blog” atau “ciptakan sebuah blog” dan akan muncul tampilan seperti gambardi bawah ini;



oke, pada gambar diatas anda harus memasukkan “blog title” atau “judul blog” ; “blog address (url)” atau “alamat blog” dimana ini nanti akan menjadi alamat dari blog anda, dan masukkan pula “word verification” seperti yang tampak pada gambar diatas, yang mana word verification ini nanti akan berubah setiap ada refresh atau kesalahan penulisan ataupun setiap kali bikin blog yang baru.

Sebagai contoh, masukkan blog title dengan Cara buat blog di blogger.com, sementara pada blog address, masukkan carabuatblog, memang disini tidak diperkenankan menggunakan spasi, sehingga penulisan carabuatblog tidak saya tulis cara buat blog. setelah anda masukkan kedua hal tersebut jangan lupa word verifikasinya, lalu klik pada “continue”.

Ada kalanya pada “address blog” ini mengalami kegagalan.


Hal ini disebabkan karena address blog yang kita tuliskan sudah ada yang memaki atau memang penulisan kita tidak diijinkan oleh pihak blogger.com, untuk itu blogger.com biasanya menyediakan alternatif address blog lain yang biasanya di kaitkan antara kata-kata yang kita isikan pada “blog title” dan “address blog” itu sendiri.




Seperti yang tampil pada gambar diatas, pihak blogger memberikan pilihan lain untuk address blog anda, klik salah satu dari yang disediakan atau anda dapat menuliskan address blog atau alamat blog anda yang lain sampai pihak blogger menerima, itu terserah anda. kemudian klik continue. Maka jika alamat blog anda diterima oleh pihak blogger, akan muncul tampilan seperti gambar berikut;



pada gambar diatas, anda diminta memilih tempalte atau theme untuk blog anda, pilih template yang anda sukai kemudian klik “continue”. Setelah itu muncul tampilan seperti berikut lalu klik pada “start blogging”.



Jika anda telah selesai sampai disini berarti blog anda sudah jadi. Andaikan anda tadi mengisikan cara buat blog (tidak pakai spasi) pada address blog, maka address blog anda adalah http://www.carabuatblog.blogspot.com, dan jika anda membuka alamat blog tersebut maka akan muncul tampilan dari blog anda yang belum ada isinya. Untuk memulai mengisi blog anda, pertamakali memang otomatis setelah anda mengeklik “start blogging” pada gambar diatas akan menuju pada halaman posting seperti berikut :


Disini isikan Judul postingan atau judul berita pada “judul”, misalnya cara buat blog kemudian isikan isi berita pada kolom yang besar di tengah, tentu saja yang berhubungan dengan judul postingan anda. Jangan lupa membubuhkan label pada kolom yang disediakan dengan tanda “koma” setiap label. Label dimaksudkan sebagai kata kunci atau keyword di mesin pencarian bagi para pencari berita. Setelah itu klik “publish post” atau “terbitkan post” maka secara otomatis blog anda (cara buat blog. blogspot.com) sudah terisi satu posting. untuk melihat hasil postingan anda tersebut klik pada “view site” atau kalau mau mengedit klik “edit post” untuk membuat postingan baru klik pada “createn new post”. Demikian seterusnya untuk membuat posting di blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar